Recent Posts

    Curug Gede Ketenger Baturraden


    Sebagian masyarakat terkadang masih salah mengartikan nama dari jenis air terjun / curug yang satu ini.


    Letaknya memang masih dalam satu kawasan di Desa Wisata Ketenger, namun curug bayan yang lokasinya yang terlihat di pinggir jalan terkadang, orang malah menyebutnya curug gede.


    Entah dari mana bagaimana bisa orang-orang salah mengatasnamakan hingga sampai salah, mungkin bisa jadi karena dahulunya cuma ada satu pentunjuk arah wisata yang hanya bertuliskan curug gede.

    Ditambah lagi hanya ada satu air terjun saja yang terlihat, hal tersebutlah yang membuat beberapa orang langsung menyimpulkan bahwa itu adalah lokasi curug gede, padahal sebenarnya itu adalah curug bayan.


    Lalu, di manakah curug gede itu?. Nah jika kamu bingung mungkin artikel berikut bisa menjadi obat penasaran kamu semua dan mungkin bisa menjadi sebuah petunjuk untuk bisa trip ke curug yang tersembunyi ini.



    Berlokasi di Desa Ketenger kecamatan baturraden, dan masih satu lokasi area pada wisata curug bayan, tepatnya di 500 meter sebelah selatan kolam tando belanda/dam belanda dan sumber mata airnya berasal dari sungai banjaran.


    Akses untuk menuju kesini, kamu bisa mulai perjalanan pada outbound area/ camp area curug bayan yang lokasinya di arah jalan desa melung sebelah barat.


    Kiranya bisa ditempuh sekurangnya  memakan waktu 20 menit jalan santai. Akses jalan mungkin akan terus menurun, licin, dan rumputnya lebat.


    Hal tersebut dikarenakan jarang sekali ada orang yang datang mengunjungi curug gede tersebut, dan dari pihak pengurus juga masih berfokus pada pemeliharaan sarana dan prasarana curug bayan.


    Tapi, bagi sebagian orang hal tersebut akan menjadi sebuah wisata yang istimewa, karena kondisi yang alami / asli akan memiliki nilai yang lebih dari keindahan alamnya.


    Curug Gede memiliki kolam air yang berwarna hijau kebiruan yang kedalamannya bisa mencapai 6 meter, debit air yang tidak terlalu besar dikarenakan diatas aliran air sungai banjaran terdapat bendungan belanda, yang airnya dialihkan ke plta ketenger untuk sumber pembangkit listrik.


    Bisa terlihat juga kondisi air terjun ini juga dikelilingi oleh sebagian tebing batu yang cukup besar, lebar dengan berbagai macam  pepohonan hutan tropis,  dan di atasnya terdapat sawah warga.



    Sebagai cacatan mungkin sebelum kamu berpetualang, alangkah baiknya izin terlebih dahulu kepada pihak pengelola untuk keselamatan bersama, bila lebih amannya lagi mungkin kamu bisa menyewa seorang porter / tour guide.


    Berhubung, lokasi air terjun yang memang terletak jauh dari keramaian. Hal yang perlu kamu persiapkan lainnya adalah perbekalan logistik dan PPPK yang lengkap.

    Jadi misal sudah sampai tujuan kamu bisa istirahat sambil ngopi-ngopi dulu atau bikin mie ditemani suasana yang alami.

    0 Response to "Curug Gede Ketenger Baturraden"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Script

    Iklan Bawah Artikel