Recent Posts

    Curug Cipokol Kalipagu Baturraden



    Dusun kalipagu merupakan sebuah rukun warga (RW) di Desa ketenger kecamatan baturraden, yang memiliki banyak sekali potensi wisata alam seperti camp area, air terjun, dan wisata religi.

    Salah satu potensi alam yang akan dibahas pada artikel ini adalah curug cipokol, yang merupakan sebuah potensi wisata alam berupa air terjun yang masih asri, karena jarang sekali dikunjungi oleh wisatawan.

    Curug cipokol kalipagu, merupakan salah salah satu air terjun yang kondisi jalur aksesnya sulit untuk ditempuh, untuk sampai di sini, sangat diperlukan sebuah mental dan nyali yang kuat saat menghadapi kondisi jalan yang tidak biasa.

    Secara izin kunjungan, sebenarnya lokasi air terjun ini memang tidak dibuka untuk umum, karena akses lokasinya yang sulit ditempuh. Kamu akan dituntut untuk siap menerobos lebatnya semak belukar, menuruni / memanjat tebing curam, hingga menyusur sungai besar.

     

    Namun karena rasa penasaran yang tinggi dari pengunjung, beberapa komunitas ada yang nekad dan berhasil sampai ke lokasi curug cipokol kalipagu. Alasnya, karena kondisi alam yang asri jarang dikunjungi orang lain, membuat kebanggaan dan tantangan tersendiri bagi setiap orang untuk bisa menikmati keindahan alam sesungguhnya.

    Lokasi air terjun ini sebenarnya tidak jauh dari wisata curug jenggala, jika ditempuh dengan berjalan kaki hanya memerlukan waktu 45 menit saja. Mungkin beberapa dari kamu ada yang sudah pernah ke trip / jalan-jalan menuju curug penganten. Nah, pastinya pernah melihat air terjun besar ini saat perjalanan dari kejauhan.

    Tepatnya di sebelah utara situs batur semendeh, di area kebun bambu kamu bisa turun ke sebelah kiri kemudian turun melewati tebing untuk lokasi awal perjalanannya. Kemudian barulah kamu harus menyusur sungai hingga sampai ke lokasi depan Curug Cipokol tersebut.


    Memiliki ketinggian kurang lebihnya 15 meter, dan terdapat kolam berwarna hijau yang sangat dalam, jadi tidak dianjurkan untuk berenang di area air terjun.

    Sebelum melakukan perjalanan alangkah baiknya izin terlebih dahulu ke petugas loket. Kemudian lihatlah cuaca sekitar terlebih dahulu, jika mendung mungkin urungkan saja niatmu itu karena ditakutkan terjadi banjir yang bisa membahayakan nyawa diri sendiri maupun orang lain.

    Jadi, sebaiknya jika ingin berwisata ke manapun tempat khususnya wisata air terjun bila perlu saat musim kemarau, untuk lebih amannya.
    .

    0 Response to "Curug Cipokol Kalipagu Baturraden"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Script

    Iklan Bawah Artikel